Jumat, 21 November 2014

beberapa menu dalam 3dsmax

Beberapa menu 3ds max


Menu
, berisi berbagai macam perintah dan fasilitas untuk memodifikasi model atau animasi yang kita buat. Prinsipnya hampir sama dengan menu-menu yang ada pada software pada umumnya. 


Tool Reactor, berisi tool-tool yang dapat digunakan untuk memasukan objek menjadi koleksi reactor. Atau dengan cara lain juga kita dapat lakukan dengan menekan Create > Helpers > reactor 

Command Panel, berisi perintah- perintah atau parameter-parameter yang berkaitan dengan objek yang kita buat. Misalnya untuk menentukan banyaknya segmen yang ada dalam suatu objek, density, massa, efek gravitasi, dan banyak lagi yang lainnya. Dalam buku panduan ini, untuk memodifikasi atau menampilkan Command Panel yang berada di bawah biasa disebut rollout. Jadi nanti kita tidak lagi bingung dengan istilah rollout. 

Viewport, merupakan area atau layar tempat kita mengerjakan animasi. Terdapat enam sudut pandang dalam animasi tiga dimensi, yaitu atas, bawah, kiri, kanan, depan dan belakang. Berdasarkan sudut pandang tersebut, dalam 3ds max terdapat 8 sudut pandang viewport, yaitu top, bottom, left, right, front, back, perspectift dan user. Viewport yang aktif ditunjukkan dengan warna kuning di pinggir viewport tersebut. Berikut adalah gambar tampilan viewport dalam 3ds max.

Main toolbar, dalam 3ds max terdapat tool yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam memanipulasi objek yang kita buat. Terdapat beberapa main toolbar standar dan dari sana banyak beberapa tools yang sering kita gunakan seperti tampak pada gambar di bawah ini : 


1. Undo berfungsi sebagai history pallete atau untuk kembali ke perintah sebelumnya. dan Redo (akan muncul setelah redo) merupakan kebalikan dari undo.   

2. Select and link berfungsi untuk menghubungkan satu objek dengan objek yang lain sehingga ada sutu ikatan antara objek tersebut. 

3. Unlink selection merupakan kebalikan dari link yaitu untuk memutuskan ikatan atau hubungan tersebut. 

4. Bind to space warp merupakan fasilitas yang digunakan untuk menghubungkan suatu objek dengan efek tertentu, misalnya kita akan menghubungkan objek pale dengan efek air (Water). 

5. Selection filter merupakan fasilitas yang dapat digunakan untuk menyaring objek apa yang akan dipilih. 

6. Select object digukanan untuk memilih atau menyeleksi objek. 

7. Select by name digunakan untuk memilih objek berdasarkan nama object tersebut. 

8. Select and move digunakan untuk memilih dan memindahkan posisi objek. 

9. Select and rotate digunakan untuk memilih dan memutarkan objek yang kita pilih tersebut. 

10. Select and scale digunakan untuk memilih dan mengubah ukuran objek. 

11. Use center flyout digunakan untuk menentukan coordinate system yang akan mempengaruhi proses transformasi. 

12. Mirror digunakan untuk menggandakan atau mencerminkan objek 

13. Layer manager digunakan untuk mengatur layer 

14. Curve editor digunakan untuk mengatur kurva dari objek yang kita buat 

15. Material editor merupakan fasilitas untuk memberi material atau teksture pada objek yang kita buat 

16. Render scene dialog digunkan untuk merender animasi atau model pada scene terpilih

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages - Menu

Blogger templates