Beberapa menu 3ds max
Menu,
berisi berbagai macam perintah dan fasilitas untuk memodifikasi model
atau animasi yang kita buat. Prinsipnya hampir sama dengan menu-menu
yang ada pada software pada umumnya.
Tool Reactor,
berisi tool-tool yang dapat digunakan untuk memasukan objek menjadi
koleksi reactor. Atau dengan cara lain juga kita dapat lakukan dengan
menekan Create > Helpers > reactor
Command Panel,
berisi perintah- perintah atau parameter-parameter yang berkaitan
dengan objek yang kita buat. Misalnya untuk menentukan banyaknya segmen
yang ada dalam suatu objek, density, massa, efek gravitasi, dan banyak
lagi yang lainnya. Dalam buku panduan ini, untuk memodifikasi atau
menampilkan Command Panel yang berada di bawah biasa disebut rollout.
Jadi nanti kita tidak lagi bingung dengan istilah rollout.
Viewport,
merupakan area atau layar tempat kita mengerjakan animasi. Terdapat
enam sudut pandang dalam animasi tiga dimensi, yaitu atas, bawah, kiri,
kanan, depan dan belakang. Berdasarkan sudut pandang tersebut, dalam 3ds
max terdapat 8 sudut pandang viewport, yaitu top, bottom, left, right,
front, back, perspectift dan user. Viewport yang aktif ditunjukkan
dengan warna kuning di pinggir viewport tersebut. Berikut adalah gambar
tampilan viewport dalam 3ds max.
Main toolbar,
dalam 3ds max terdapat tool yang dapat digunakan untuk berbagai
keperluan dalam memanipulasi objek yang kita buat. Terdapat beberapa
main toolbar standar dan dari sana banyak beberapa tools yang sering
kita gunakan seperti tampak pada gambar di bawah ini :
1. Undo berfungsi sebagai history pallete atau untuk kembali ke perintah sebelumnya. dan Redo (akan muncul setelah redo) merupakan kebalikan dari undo.
2. Select and link berfungsi untuk menghubungkan satu objek dengan objek yang lain sehingga ada sutu ikatan antara objek tersebut.
3. Unlink selection merupakan kebalikan dari link yaitu untuk memutuskan ikatan atau hubungan tersebut.
4. Bind to space warp
merupakan fasilitas yang digunakan untuk menghubungkan suatu objek
dengan efek tertentu, misalnya kita akan menghubungkan objek pale dengan
efek air (Water).
5. Selection filter merupakan fasilitas yang dapat digunakan untuk menyaring objek apa yang akan dipilih.
6. Select object digukanan untuk memilih atau menyeleksi objek.
7. Select by name digunakan untuk memilih objek berdasarkan nama object tersebut.
8. Select and move digunakan untuk memilih dan memindahkan posisi objek.
9. Select and rotate digunakan untuk memilih dan memutarkan objek yang kita pilih tersebut.
10. Select and scale digunakan untuk memilih dan mengubah ukuran objek.
11. Use center flyout digunakan untuk menentukan coordinate system yang akan mempengaruhi proses transformasi.
12. Mirror digunakan untuk menggandakan atau mencerminkan objek
13. Layer manager digunakan untuk mengatur layer
14. Curve editor digunakan untuk mengatur kurva dari objek yang kita buat
15. Material editor merupakan fasilitas untuk memberi material atau teksture pada objek yang kita buat
16. Render scene dialog digunkan untuk merender animasi atau model pada scene terpilih
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Pages - Menu
Blog Archive
Mengenai Saya
Blogger templates
Popular Posts
-
Cara Membuat Desain Kaos Di PhotoShop Oke - Kali ini saya akan membagi buat teman rikudou4rt - Tutorial Cara Membuat Desain Kaos ...
-
Cara Membuat Logo Naruto Menggunakan Photoshop Cara membuat Logo Seperti Naruto itu gimana sihh ??? Nih HiroSubs Akan Membahasnya ...
-
Membuat Mata Sharingan dengan photoshop Mari kita Membuat Mata Sharingan dengan photoshop, Bagi pecinta anime naruto pasti tidak asing ...
-
PENGERTIAN MASING-MASING MAJAS 1. Pengertian Gaya Bahasa (Majas) Gaya Bahasa atau majas adalah suatu cara mengekspresikan p...
-
Beberapa menu 3ds max Menu , berisi berbagai macam perintah dan fasilitas untuk memodifikasi model atau animasi yang kita buat. Prinsipn...
-
Cara Membuat Button di Adobe Flash CS3 Buka software Adobe Flash CS3 Pilih File > New > Gunakan ActionScript 2.0 saja &...
-
Teknik dan cara mudah foto panning - Definisi Fotografi panning adalah satu teknik fotografi yang memperlihatkan efek bergerak pada ...
-
Membuat Mangekyou Sharingan Milik Sasuke Pada tutorial menggambar dengan Flash kali ini kita akan membahas cara membuat gambar mangeky...
-
Langkah-langkah : a. Membuat Network dari PC server (yg nge-share filenya) 1. Ikuti contoh gambar, klik kanan logo Wi-Fi -- Open Network a...
-
Membuat tombol pada Adobe Flash Berikut ini cara membuat tombol pada adobe flash cs3 : 1. buat objek, misal membuat ...
0 komentar:
Posting Komentar